"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Kamboja


Nama lokal (Adrian, 2012): Kamboja, Kamoja, Cempaka malja, Cempaka sabakul
Nama ilmiah: Plumeria acuminata
Taksonomi (Anonim, 2012b):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi: Magnoliophyta (berbunga)                  
Kelas: Magnoliopsida (dikotil)
Kelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Plumeria 
Spesies: Plumeria acuminata Ait.

Kamboja merupakan tanaman sekulen yang dapat menyimpan air pada seluruh bagian mulai dari akar, batang, daun, bunga, sampai buah. (Wrasiati et al., 2011).
Tanaman ini mempunyai tinggi batang 1,5-6 meter, bengkok, dan mengandung getah. Ciri fisik kamboja adalah rantingnya besar, daun berkelompok rapat pada ujung ranting, bertangkai panjang memanjang berbentuk lanset, dan tulang daun menyirip. Bunga dalam malai rata berkumpul di ujung ranting, kelopak kecil, sisi dalam tanpa kelenjar, mahkota berbentuk corong, sisi dalam berambut, sisi luar kemerahan atau putih, sisi dalam agak kuning, putih atau merah, dan berbau harum. Tangkai putik pendek, tumpul, lebar, bakal buah 1 atau 2, saling berjauhan, berbentuk tabung gepeng memanjang, berbiji banyak, biji bersayap, tanpa kuncung rambut, ketika masih muda berwarna hijau, setelah tua hitam kecoklatan (Anonim, 2012a).
Perbanyakan tanaman ini umumnya menggunakan stek batang, namun dapat juga diperbanyak dengan bijinya (Ratnasari, 2007). Penanam bibit kamboja dengan tinggi sekitar satu sampai dua meter. Agar pertumbuhannya bisa lebih baik, dalam sehari tanaman harus terkena sinar matahari selama delapan jam (Anonim, 2012a). 
Seiring dengan bertambahnya peminat, harga tanaman ini pun kian melesat. Banyak orang yang memanfaatkan tren kamboja ini. Bahkan, cukup banyak kolektor yang mendatangkan pohon-pohon kamboja berusia ratusan tahun dari jauh (Anonim, 2012a).

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...