"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

29 Agustus 2015

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing. Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei. Mereka biasanya menjadikan ini sebagai pekerjaan sambilan saat waktu luang, namun ada juga yang meluangkan waktu khusus, bahkan menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu mata pencaharian. Menariknya bekerja sambilan sebagai panelis dalam survei online berbayar ini adalah, selain mudah, manfaat yang akan kita peroleh sebagai panelis pun bukan hanya berupa imbalan materi, melainkan juga mambantu mengasah otak, melatih ingatan, menambah wawasan dan memacu gagasan.

Bagi lembaga yang berkepentingan, data yang terkumpul merupakan masukan yang sangat berarti untuk perbaikan dan pengembangan produknya. Lembaga tersebut membutuhkan data. Sementara, waktu dan pikiran yang dicurahkan para panelis sangat berharga, mereka mengerti hal itu. Oleh karenanya, banyak perusahaan, terutama penyedia produk dan layanan konsumen, rela mengalokasikan anggaran khusus untuk riset pasar. Bahkan, banyaknya kebutuhan riset pasar berhasil membuat adanya perusahaan penyedia layanan riset pasar berupa situs survei online semakin menjamur.

Di tengah menjamurnya situs survei online, masyarakat justru tengah merasakan shock akibat booming Money Game, sehingga banyak yang masih sanksi akan benar/tidaknya bekerja menjadi panelis survei. Apakah akan ada tipu-tipu, apakah akan diharuskan membayar uang sejumlah tertentu, apakah benar bayaran akan dapat dicairkan, apakah penghasilan didapatkan atas spekulasi, apakah ini legal, dan apakah ini halal? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu biasanya menjadi uring-uringan mereka yang mendapatkan penawaran sebagai panelis, baik melalui email, iklan, chat, atau lainnya. Apakah anda salah satunya?

Kemudahan pekerjaan sebagai panelis survei memang membuatnya tampak dari luar seakan mirip dengan money game atau MLM. Sama-sama tidak perlu keahlian khusus apapun, ataupun modal sepeserpun, sehingga sering kali orang mengiklankan dan mengajak orang lain untuk mengikutinya dengan nada-nada mirip money game dan MLM. Padahal sejatinya pekerjaan ini berbobot, menguras otak, tenaga dan waktu. Maka jangan heran, satu survei yang anda kerjakan bisa dihargai sampai ribuan, puluhan ribu, bahkan ratusan ribu rupiah. Nilai ini bukan spekulasi, melainkan diukur berdasarkan estimasi lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya, dan juga besarnya dana yang mampu digelontorkan oleh perusahaan tentunya. Anda akan melihat dengan sangat lebih jelas perbedaannya jika telah bergabung. 

Contoh iklan survei online berbyar yang cukup menggiurkan. Faktanya memang demikian.
Saya sendiri telah lama (tepatnya sekitar 7 tahun lalu saat saya masih duduk di bangku SMA) mengetahui adanya cara mendapatkan uang melalui situs survei online berbayar yang sungguhan dan profesional sebagaimana profesionalitas Google Ads yang sudah lebih dahulu booming. Pun mengerti bahwa tidak ada yang perlu dirisaukan atas kehalalan dan keabsahan pekerjaan mengisi survei karena tidak ada unsur riba, money game, pola piramida, atau semacamnya. Namun karena saat itu kemampuan bahasa inggris dan pengetahuan mengenai situs apa saja yang dapat saya ikuti dan benar-benar akan membayar dengan layak sangat terbatas, saya belum berani untuk bergabung. Terlebih, saat itu hampir tidak ada artikel / post blog mengenai situs survei online berbayar yang direkomendasikan sehingga tidak ada pijakan yang cukup kuat untuk saya memilih situs yang kredibel.

Setelah sekian lama, tepatnya sekitar Agustus tahun lalu, saya akhirnya mendaftar dan mengikuti sangat banyak situs survei online berbayar. Sembari mengerjakan penelitian, skripsi, kompetisi, mengurus rumah, menggarap pesanan souvenir dan catering, semuanya tidak pernah ada satu survei pun terlewatkan sampai sempat saya satu kali mencairkan bayaran. Namun semuanya tidak pernah saya sentuh lagi pascalahirnya Haidar sampai akhirnya saya menulis artikel ini.


Kehidupan harus dimulai kembali, oleh karenanya saya akan mulai aktif lagi sebagai panelis, namun tidak sendiri. Manfaat yang besar tidak semestinya dinikmati sendiri. Anda berminat untuk bergabung? Malu bertanya sesat di jalan, tergesa-gesa sesat kemudian. Jika iya maka sebaiknya lanjutkan dulu membaca kedua seri berikutnya:

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...