"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Kaladium Merah


Nama lokal: Kaladium merah, Kuping gajah, Keladi tikus
Nama ilmiah: Caladium bicolor
Taksonomi (Anonim, 2012c):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas: Arecidae
Ordo: Arales
Famili: Araceae (suku talas-talasan)
Genus: Caladium 
Spesies: Caladium bicolor (W.Ait.) Vent 


Caladium bicolor merupakan herba tahunan, daun berukuran besar, berbentuk hati, ditopang oleh pelepah yang panjangnya 30 cm atau lebih, warnanya beragam, ada yang putih kehijauan dengan tulang daun hijau, ada yang hijau di tepi dan merah menyala di tengahnya, ada yang hijau di tepi dan tengahnya pink dibayangi putih, dan lain-lain. Batang biasanya tumbuh horizontal seperti umbi kentang atau umbi famili Zingiberaceae (Prihmantoro, 1997). Bunga Caladium berbentuk bulat memanjang dan tertutup oleh seludang yang umumnya hanya dimanfaatkan untuk perkembangbiakan, bukan untuk keindahannya (Yuliarti, 2008).
Perbanyakan tanaman Caladium menurut Ginting (2010) biasanya dilakukan secara vegetatif  dan generatif, namun karena waktu pemasakan biji yang cukup lama, maka perbanyakan secara generatif  jarang dilakukan.
Perbanyakan secara vegetatif menurut Prihmantoro (1997), dilakukan dengan cara memisahkan rumpun, karena tanaman ini memiliki umbi batang. Pemisahan dilakukan dengan cara memotong bagian tanaman dengan menyertakan satu atau bagian akar rimpangnya, selanjutnya tanaman yang dipisahkan dapat langsung ditanam. Selain itu, perbanyakan dengan pencacahan umbi merupakan cara yang sering dilakukan oleh para pemilik nurseri. Dengan cara ini akan didapat anakan Caladium dalam jumlah banyak.
Caladium bicolor sering dijumpai di pekarangan dan banyak tumbuh liar di semak belukar, tepi sungai, dan tempat-tempat yang agak lembab (Rahayu, 2005). Oleh karena itu, tanaman ini belum banyak dikomersialkan.         

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...