"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

18 Oktober 2015

3 Langkah Mudah Membuat Kaca Buram Tanpa Sandblast Atau Stiker

Kaca buram biasa dipakai untuk mempercantik dekorasi. Namun lebih penting dari itu urgensi kaca buram adalah untuk menjaga privasi dan kenyamanan beraktivitas di dalam ruangan karena tidak terlihat jelas dari luar, sementara cahaya matahari masih dapat melewati celah-celahnya dan menerangi ruangan.

http://adf.ly/1Q9HZS

Untuk mendapatkan kaca buram anda dapat membeli kaca sandblast yang sudah jadi atau dengan cara memasang stiker atau kaca film sandblast seharga kurang lebih 100 ribu rupiah per meter. Tidak terlalu mahal memang, namun jika kaca buram yang anda butuhkan itu hanya untuk ruangan yang disewa sementara waktu, misalnya untuk jendela kamar kos atau rumah kontrakan, anda tentu akan berpikir dua kali, kan? Karena itu pula, tidak jarang kita temukan jendela kamar anak kos yang asal ditutup dengan kertas kado, kertas koran, atau kertas bekas kalender.

Identik anak kos, menutup kaca dengan kertas kado (sumber)
Tidak salah memang menutup kaca dengan kertas kado. Toh, ini juga merupakan salah satu trik dekorasi ruangan yang murah meriah nan cantik. Tetapi jika memperhatikan faktor kesehatan ruangan dan efisiensi penggunaan listrik, akan lebih baik jika modifikasi kaca hanya menjadikannya buram dan masih memungkinkan cahaya matahari memasuki ruangan. Selain mendapatkan banyak manfaat sinar matahari bagi kesehatan1,2, ruangan yang terang alami juga bisa membantu membangun mood baik penggunanya loh..1

Dilatarbelakangi pengalaman menjadi anak kos dan alasan-alasan di atas pula, akhirnya saya menemukan cara mudah dan murah untuk membuat kaca buram tanpa sandblast atau stiker. Hanya perlu 3 langkah, sangat simpel, bahan-bahan dan alatnya pun tinggal comot dari kotak perkakas. Yuk intip caranya..

Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:
  1. Gunting
  2. Double tape
  3. Kantong plastik pembungkus kertas fotokopi atau pembungkus buah yang cukup buram
Langkah-langkahnya:
  1. Gunting plastik pembungkus kertas fotokopi sehingga membentuk lembaran lebar. Dalam tahap ini kamu juga bisa berkreasi jika ingin membuat pola-pola cantik di atasnya, bisa dilakukan dengan melubangi plastik mengikuti pola atau melukis di atas plastik dengan tinta timbul yang bisa kamu beli di sini.
  2. Tempelkan double tape pada setiap sisi plastik
  3. Buka double tape dan tempelkan plastik pada kaca dengan penataan sesukamu. Selesai.. sekarang kamu sudah mendapatkan kaca buram mu..
Mudah bukan? Yuk, tata interior ruangan kita sekecil apapun sehingga sehat untuk ditinggali, sehat pula untuk keberlangsungan bumi dan penghematan energi :)

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...