"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

2 September 2015

Momen Hebat Haidar dalam Event Bayi Hebat Milna (BHM)



Setiap anak punya kecepatan perkembangan berbeda-beda (Nutriclub, 2014a). Demikian halnya Haidar, anak laki-laki saya satu-satunya (saat ini) yang memiliki perbedaan (dalam hal keunggulan juga kelemahan) cukup mencolok dan selalu bisa mengalihkan dunia perempuan-perempuan yang melihatnya (cieileh..)


Umumnya, di enam bulan pertamanya bayi sudah mampu (Nutriclub, 2014a): (1) Merespon senyum Ibu dengan senyuman, (2) mengenali Ibu dari pojok kamar, (3) tertawa riang, (4) mengikuti objek bergerak di sekitarnya, (5) mengangkat tegak kepalanya, (6) meraih benda di sekitarnya, (7) duduk dengan bantuan Ibu, (8) berguling, (9) menggunakan kedua tangan untuk mengangkat dadanya saat telungkup, (10) dan melonjakkan kedua kakinya saat Ibu memegangnya.

Tanggal 3 bulan ini Haidar baru akan mengakhiri masa 7 bulannya. Di usia peralihan nutrisinya ini, perkembangan fisiknya sangat jauh di atas rata-rata anak lainnya. Dalam grafik Kartu Menuju Sehat (KMS), gradien peningkatan berat badannya selalu lebih besar dari gradien normal. Bagaimana tidak, meski susah sekali makan karena sering radang tenggorokan, flu, sering muntah dan diare karena dulu intoleran laktosa dan sekarang alergi susu, namun nafsu minumnya luar biasa besar. Jika anak bayi umumnya pada siang hari menyusu 3-4 jam sekali, Haidar menyusu 30-60 menit sekali. Ketika tidur malam pun, interval 3 jam menyusu itu adalah bonus waktu istirahat yang sangat istimewa buat saya. Sehingga pantaslah jika sebanyak apapun ASI saya selalu kurang. Untuk masalah makannya yang sulit dan harus sangat selektif ini akhirnya solusi yang saya ambil adalah memberinya MP-ASI berupa campuran Milna Bubur Organik atau Milna Biskuit Bayi dengan jus buah (3:2) yang konsistensinya dibuat sedikit lebih cair.

Keunggulan perkembangan fisik Haidar tidak lantas membuat saya bangga. Saya justru merasa susah dan agak kuwalahan, karena dalam beberapa hal perkembangan fisik tidak sebanding dengan perkembangan motoriknya. Menurut keterangan dari Nutriclub (2014b), setelah usia 6 sampai 12 bulan, perkembangan pesat motorik bayi bisa terlihat dalam kemampuan: (1) merangkak, (2) bertepuk tangan, (3) berjalan sambil berpegangan pada furnitur, (4) berdiri sendiri, dan (5) minum dari gelas tanpa bantuan. Dalam perkembangan motorik ini, Haidar mungkin memiliki daya ledak (muscular power) yang sangat besar, gerakannya sangat kuat dan cepat berganti, sehingga untuk mengambil fotonya guna mengikuti event Bayi Hebat Milna kali ini pun sulit sekali kalau tidak menggunakan teknik burst (memotret berkali-kali dengan sangat cepat dan terus-menerus). Namun demikian, untuk memindahtempatkan tubuhnya sendiri Haidar masih mengalami kesulitan karena mungkin beban tubuhnya yang terlalu berat dan pembawaannya yang kurang tenang.

http://www.bayihebatmilna.com/galeri/foto/20600
Suka banget main bola :D
http://www.bayihebatmilna.com/galeri/foto/20602
Enaknya minum sendiri dari botol (meski tumpah-tumpah :v)
http://www.bayihebatmilna.com/galeri/foto/20607
Push-up teruuss :3
Dengan keseluruhan paket keunggulan dan kelemahan Haidar ini, saya memantapkan diri mengikutkannya dalam event Bayi Hebat Milna dengan momen-momen hebatnya yang lucu itu ^_^ Saya juga akan sangat berterima kasih sekali lho kalau rekan-rekan pembaca bersedia untuk share & vote foto Haidar..

Cara share & vote-nya:
  1. Kunjungi laman Bayi Hebat Milna atau langsung klik hyperlink pada foto Haidar di atas
  2. Registrasi/login user sesuai identitas KTP (tombol ada di bagian pojok kanan atas laman Bayi Hebat Milna)
  3. Share satu per satu foto Haidar di facebook dan/atau twittermu dengan cara klik icon share di bawah foto agar Haidar memenangkan Most Shared Photo. Silakan ubah privasi kiriman untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat foto ini.
  4. Setiap 1 user hanya dapat men-share 1x dalam 1 bulan untuk setiap 1 foto sampai perlombaan ini berakhir pada 18 September.
  5. Voting dibuka untuk periode 6 (5-18 September) jika Haidar terpilih sebagai 50 finalis terbaik periode ini. Tombol "vote" akan muncul di samping tombol "share", klik semua tombol share & vote-nya ya..
  6. Ada hadiah juga lho dari Milna buat lucky voter berupa uang tunai Rp 250.000,- untuk 10 Lucky Voter Photo tiap bulan :D
  7. Nama-nama pemenang akan diumumkan di Tabloid Nakita, Website Bayi Hebat Milna, Facebook Milna dan Twitter Milna

Sekali lagi terima kasih banyak ya untuk share & vote-nya ^_^ dan akhirnya di balik semua ini, hikmah yang ingin saya sampaikan dan mungkin bisa kita ambil bersama adalah bahwa setiap keunggulan pasti disertai kelemahan. Tidak ada anak yang sempurna, namun setiap anak adalah Hebat. Ya, setiap anak adalah hebat!

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...