"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

30 Agustus 2015

[Wajib Baca] Sebelum Mendaftar di Survei Online Berbayar #3

Setiap pilihan mengandung resiko, demikian halnya dalam bekerja sebagai panelis di survei online berbayar. Selama proses survei atau menjawab pertanyaan, data-data anda bisa saja bocor dan disalahgunakan, poin imbalan yang anda dapatkan mungkin saja tiba-tiba lenyap, atau malah bisa saja anda tidak mendapatkan undangan survei sama sekali setelah mendaftar.

Namun demikian, resiko-resiko yang saya sebutkan di atas sangat kecil kemungkinan akan terjadi jika anda telah memilih situs yang kredibel (baca artikel sebelumnya: Memilah dan Memilih Situs Survei Online Berbayar #2) serta mengantisipasi berbagai kelalaian dan kesalahan yang mungkin terjadi. Untuk itu, berikut beberapa tips dari saya yang sebaiknya anda baca baik-baik dan laksanakan sebelum dan setelah mendaftar:
  • Sebelum mulai mendaftar, sebaiknya buatlah satu alamat email khusus untuk mengisi survei. Selain untuk berjaga-jaga mengamankan data-data anda lainnya yang tidak berhubungan dengan survei, alamat email khusus ini akan memudahkan anda dalam mengelola undangan survei dan email perihal lainnya dari penyedia layanan, serta mencegah anda terlewat satu survei yang berharga karena undangannya terspam.
  • Buat akun Paypal, karena sebagian besar situs survei hanya memungkinkan pencairan bayaran secara virtual melalui Paypal. Di samping itu, pencairan dana melalui Paypal juga biasanya adalah cara yang paling mudah, cepat dan interoperable.
  • Isi data diri dalam halaman profil dan jawab pertanyaan dengan sejujur-jujurnya sesuai kondisi saat ini, karena sebagian besar sistem situs survei dapat mendeteksi inkonsistensi dan ketidakjujuran panelis dalam memberikan informasi. Konsekuensinya atas pelanggaran tersebut, kita bisa dapat peringatan, tidak diperbolehkan mengikuti survei, diskors, bahkan sebagian situs yang kejam tega memotong poin yang sudah kita dapat.
Contoh jawaban yang dianggap tidak jujur karena tidak konsisten
  • Instal dan aktifkan aplikasi mobile jika tersedia, serta aktifkan juga aplikasi dan notifikasi email di hp agar undangan survei bisa lebih cepat terbaca, karena setiap survei telah ditentukan jumlah panelisnya sehingga bersifat “rebutan”, siapa cepat dia dapat.
  • Rajinlah perbarui informasi profil / data diri sehingga lebih banyak undangan survei yang sesuai untuk anda kerjakan sampai selesai, bukannya survei PHP (Pemberi Harapan Palsu) yang akhirnya menggoda anda untuk berbohong karena sudah terlanjur kerja setengah jalan.
  • Pilih dan kerjakan survei dengan estimasi waktu pengerjaan yang sesuai dengan perkiraan waktu luang anda sehingga survei tersebut dapat langsung terselesaikan dalam satu waktu, karena ada survei tidak bisa dikerjakan lagi setelah halaman direfresh, bisa jadi juga jumlah panelis penuh saat anda mengirimkan hasil pekerjaan anda, sehingga akan menjadi sia-sia.
  • Selalu catat kode / nomor survei yang anda kerjakan agar dapat melakukan cek dan komplain jika poin bayaran tidak kunjung masuk ke akun anda.
  • Segera cairkan bayaran / tukarkan dengan hadiah langsung setelah mencapai nilai minimum pencairan / penukaran hadiah untuk mencegah poin anda terpotong jika terjadi pelanggaran atau malah hangus karena kadaluarsa atau tiba-tiba situs tersebut tutup.
  • Jangan pernah melanggar apapun ketentuan situs. Pelanggaran yang sering terjadi selain jawaban palsu adalah membagikan link yang dilarang (karena bersifat komersial dll.) dalam forum.
Akhirnya, kini saatnya anda untuk mencoba ;) tapi ingat pesan terakhir saya ini ya.. Kadang mengisi survei bisa jadi candu seperti main game, karena terlalu serius mengerjakan jadi lupa yang lain-lain (ngingetin diri sendiri #plak). Jadi, jangan sampai lupa waktu! ingat cucian numpuk, ingat makan, ingat sholat. Kalau perlu, pasang alarm di hp dan juga prayer times di desktop..

Ngomong-ngomong soal prayer times, saya ada satu yang recomended, baca di sini: Aplikasi Adzan Shollu V2.13

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...