"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

30 Agustus 2015

Memilah dan Memilih Situs Survei Online Berbayar #2

Dalam artikel sebelumnya telah saya uraikan bagaimana menariknya bekerja sambilan sebagai panelis dalam survei online berbayar. Selain mudah, pekerjaan ini juga tidak perlu diragukan kehalalan dan keabsahannya. Manfaat yang dihasilkan pun bukan hanya berupa imbalan yang akan kita terima sebagai panelis, melainkan juga masukan bagi lembaga yang berkepentingan untuk perbaikan dan pengembangan produknya.

Jika anda tertarik untuk mendaftar sebagai panelis, sebaiknya jangan terburu-buru. Perlu dicermati bahwa sebagian situs penyedia survei online biasanya ada batasan jangkauan negara anggota yang diterima, tidak semua situs tersebut tersedia dalam berbagai bahasa, dan tidak semua benar-benar situs survei (ada yang hanya kamuflase).

Namun jangan khawatir, sekarang situs survei online yang menawarkan interface bahasa Indonesia sudah banyak tersedia. Anda juga tidak akan rugi mencoba bergabung karena situs-situs tersebut tidak meminta biaya pendaftaran sedikitpun. Jika ada situs yang meminta bayaran misalnya untuk naik ke level tertentu, justru bisa jadi itu adalah kamuflase dari money game, maka tinggalkan saja yang seperti ini. Anda juga dapat meninjau apakah situs tersebut terdaftar sebagai perusahaan yang legal dan kredibel dalam Council of AmericanSurvey Research Organizations (CASRO) atau Better Business Bueau(BBB)
Adanya logo BBB dan CASRO pada situs menunjukkan situs terdaftar dan legal
Untuk memudahkan anda memilah, berikut daftar situs penyedia layanan survei online berbayar sungguhan (kredibel) yang telah saya kumpulkan dan menerima anggota dari Indonesia. Daftar ini akan saya perbarui jika diketahui ada perubahan. Anda juga dapat mengkoreksi, mengkritisi, ataupun menambahkan situs yang belum ada pada daftar dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah artikel ini.

*silakan gunakan link yang tertaut pada nama-nama situs di bawah ini untuk mendaftar jika menurut anda daftar ini berguna
  1. Toluna
  2. Global Test Market
  3. AIP Online Survey
  4. YourSay
  5. The Panel Station
  6. View Fruit
  7. Nusaresearch
  8. iPanelOnline 
  9. Vivatic 
  10. Excite Point 
  11. Paid View Point 
  12. Survey Savvy
  13. American Consumer Opinion
  14. Permission Research
  15. Yougov 
  16. Poin-web
  17. Inbox Dollars
  18. Testspin
  19. Palm Research
  20. Focusline Surveys
  21. Mobrog
  22. Surveyon
  23. Spider Metrix 
  24. Quest Mindshare
  25. iPoll atau bisa juga diakses melalui nama domain Survey Head, keduaya sama saja
  26. Survey Monkey ini sangat unik, bisa diibaratkan sebagai situs survei amal. Kita diharuskan memilih satu lembaga pengumpul dana sosial yang nantinya akan secara otomatis menerima sejumlah dana (sebagai pengganti bayaran untuk kita) setiap kita menyelesaikan survei. Cara brilian untuk beramal dengan mudah.
Contoh tersedianya pilihan negara Indonesia
Jadi, kredibilitas situs, wilayah domisili anggota, bahasa dan modal bukan kendala lagi untuk memilahnya ya.. Namun demikian, jika waktu luang yang anda miliki untuk memenuhi undangan tidak sebanyak jumlah situs survei yang saya buat daftarnya di atas.. maka sebaiknya anda pilih beberapa situs saja yang sesuai dengan visi dan harapan anda dalam menjawab survei / bekerja sebagai panelis, kira-kira cukup manusiawi untuk membayar dengan layak, dan pencairan dananya mudah, tidak berbelit-belit. Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya antara lain:
  • Membaca halaman identitas perusahaan
  • Membaca  syarat dan kondisi
  • Mempelajari cara kerja/pembayaran
  • Membaca  Frequently Asked Questions (FAQ)
  • Membaca  testimoni panelis dalam situs tersebut
  • Mencari berbagai artikel review tentang situs tersebut dengan melihat tanggal publikasinya karena sering kali artikel seperti ini tidak up to date
  • Mencarinya dalam situs khusus berisi daftar dan review berbagai perusahaan survei (cara ini paling saya sarankan). Misalnya Get Paid Surveys, Survey Jury, Paid Surveys UK, Elite Survey Sites dan Survey Police. Melalui situs-situs tersebut, siapapun termasuk anda jika pernah menjadi panelis, juga bisa ikut memberikan review sehingga hasil penilaian terhadap situs-situs tersebut lebih obyektif
Pemeringkatan situs survei di Get Paid Surveys
  • Kalau sudah mentok atau malas berpusing-pusing memilah-milih, anda bisa langsung saja minta rekomendasi pada 'makelar'-nya seperti Panel Place dan Tinjauan Bandingan. Meskipun sering nyepam di inbox email, tidak bisa difilter, dan kadang ada situs-situs pelit yang ikut direkomendasikan, namun kadang mereka juga memberikan bonus poin.
Nah, jika sudah mantap untuk mendaftar pada satu atau beberapa situs, anda bisa memulai misi dengan melaksanakan beberapa tips dari saya dalam artikel berikutnya.

Baca: [Wajib Baca] Sebelum Mendaftardi Survei Online Berbayar #3

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...