"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

24 Mei 2015

Herbal Pegal-pegal Mujarab

Pegal-pegal memang bukan penyakit mematikan. Meski demikian siapa yang tidak terganggu aktivitas sehari-harinya ketika diserang penyakit yang satu ini? di samping itu, beraktivitas dalam kondisi tubuh pegal-pegal menjadikan kemungkinan terjadinya cidera dan rematik lebih besar.
Pegal-pegal bisa terjadi karena:
1.       kurang bergerak atau beraktivitas dengan posisi yang sama dalam waktu lama
2.       gerakan yang berulang-ulang
3.       sikap tubuh yang salah
4.       aktivitas yang terlalu berat
Pegal-pegal bisa dicegah dengan cara:
1.       Melakukan pemanasan sebelum beraktivitas
2.       Melakukan latihan dengan tingkatan bertahap mulai dari yang ringan
3.       Membiasakan diri dengan posisi dan sikap tubuh yang benar
4.       Sesekali melakukan gerakan peregangan di sela kegiatan yang monoton
5.       Membiasakan hidup sehat dengan berolahraga teratur, istirahat cukup, dan makan makanan yang sehat


Jika sudah terlanjur terbiasa dengan pola hidup yang kurang sehat dan sikap tubuh yang salah, pegal-pegal biasanya akan mudah menyerang, seperti yang terjadi pada saya. Jika itu terjadi biasanya saya melakukan penanganan sebagai berikut:
1.       Mengistirahatkan bagian tubuh yang sakit sampai terasa agak relaks
2.  Terapi air atau bahasa kerennya hydro therapy. Yaitu cara mudahnya dengan wudhu di bawah air mengalir, atau jika sudah terlalu parah sampai tidak bisa bergerak/mengangkat beban biasanya saya kompres dengan es (bukan air es).
3.       Terapi herbal. Ada dua terapi herbal yang saya rekomendasikan karena selalu manjur bagi saya dan keluarga:
a.       Melakukan pemijatan ringan atau message, menggunakan herbal alami minyak gandapura atau kapasan (Abelmoschus moschatus L. Medic.) yang sekarang sudah bisa dibeli di toko obat atau swalayan terdekat. Khasiat minyak ini tidak perlu diragukan lagi karena telah terdaftar dalam Bank Data Obat Bahan Alam Indonesia yang dikelola BPOM RI. Setelah dipijat sebaiknya tubuh diistirahatkan dengan tidur setidaknya selama satu jam.
b.      Mengkonsumsi herbal wedang secang yang dibuat dari air rebusan kayu secang (Caesalpinia sappan L.) dan bisa juga dicampur dengan kapulaga dan jahe. Siap-siap saja..ramuan ini rasanya sangat pedas dan panas melebihi pedasnya wedang jahe. Sebanding dengan manfaat yang akan kita dapat. Minum wedang secang sebelum tidur, setelah bangun badan akan langsung terasa segar. Racikannya dalam bentuk sachet siap seduh sekarang juga telah tersedia di apotek. Saya biasa beli di sebuah apotek di Magelang.

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...