"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

12 Oktober 2014

Tabel Reflektif: See What Happened to You in Your Childhood by Seeing Your Personality

Pembentukan karakter merupakan proses panjang yang mengakumulasi tanggapan faktor genetik pribadi individu terhadap lingkungannya. Proses ini dapat terjadi baik secara sadar ataupun tidak. Misalnya kejadian-kejadian pada masa kanak-kanak yang sangat mempengaruhi pembentukan karakter namun cenderung sulit untuk diingat kembali. Terkait proses pembentukan karakter yang demikian, saya menghubungkannya dengan kecenderungan pengambilan sikap berlawanan terhadap perintah, dan merangkumnya dalam sebuah tabel reflektif.



Saya bukanlah seorang ahli psikologi.  Tabel reflektif ini pun saya buat dengan melakukan analisis dan sintesis sendiri, sehingga mungkin masih sedikit subjektif. Hanya saja beberapa pasang katagorinya saya tambahkan dari tipe-tipe personaliti MBTI yang sudah lama diakui. Coba saja kroscek pada dirimu sendiri, caranya tinggal kamu pilih dari setiap baris itu kotak gelap atau terang yang lebih sesuai dengan dirimu saat ini, maka yang sebaliknya adalah apa yang terjadi padamu di masa lalu dan bagaimana lingkungan mendidikmu.
Apa gunanya mengetahui ini? menurut saya, pembentukan karakter pada masa anak-anak lebih mudah terjadi oleh dorongan atau tekanan lingkungan, sedangkan pada masa dewasa lebih mudah dengan tarikan atau sesuatu yg bisa membuat orang tersebut tertarik. Sehingga model ini dapat digunakan untk:
1. Melatih dan mengendalikan diri. Jika kamu merasa suatu karakter itu penting untk dirimu atau untuk membangun karir/akademikmu, kenali lawan dari karakter itu yg ada pada dirimu, lalu usahakan untuk meminimalkankannya dengan cara sebanyak mungkin menggali ketertarikan/kesenangan dari karakter yang kamu inginkan.
2. Mendidik anak. jika kamu ingin anakmu/didikanmu memiliki suatu karakter, jangan coba menyakitinya dalam melakoni karakter itu. Kemudian bila karakter itu sudah terlanjur melekat padanya, maka introspeksi diri lah, karena itu terutama adalah dosamu, bukan semata dosa anakmu.
*cmiiw ;) 

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...