"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

11 Februari 2014

Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda dalam Satu File

Sering kali untuk membuat karya tulis ilmiah, proposal, laporan, atau tulisan-tulisan ilmiah lainnya kita dituntut untuk bisa mengatur 2 tipe penomoran halaman berbeda dalam satu file, misalnya untuk halaman depan menggunakan angka romawi sedangkan untuk halaman inti menggunakan angka arab. Jika file diminta untuk dikirim dalam format PDF, secara mudah kita bisa membuatnya secara terpisah dalam 2 file ms word, kemudian menggabungkannya dengan software Adobe Acrobat 7 Professional atau software PDF creator lainnya. Namun bagaimana jika kita dituntut untuk mengirimkan file itu dalam format ms word? Gak usah bingung, ikuti saja langkah langkah berikut J

Pada contoh kali ini kita akan menghillangkan nomor pada halaman cover, membuat nomor halaman depan menjadi angka romawi, dan membuat nomor halaman isi menjadi angka arab, kesemuanya itu diformat dalam satu file. Langkah pertama, tempatkan kursor pada halaman kedua.



Langkah kedua, klik menu Insert, Page Number, pilih posisi yang diinginkan.


Langkah ketiga, check box Different First Page, lalu hapus nomor halaman pada halaman cover,  untuk menghilangkan nomor pada halaman cover.


Langkah keempat, tempatkan kursor di depan huruf pertama paragraf yang nomor halamannya akan dibuat berbeda.


Langkah kelima, klik menu Page Lay Out, Breaks, lalu pilih Next Page. Pada ms word versi yang lebih lama dari 2007 mungkin hanya akan tersedia menu Insert, Page Break. Hasilnya, nomor halaman dari halaman terpilih akan langsung menghilang.



Langkah keenam untuk memberi nomor pada halaman yang sudah hilang nomornya tadi, lakukan persis seperti langkah kedua, klik menu Insert, Page Number, pilih posisi yang diinginkan.


Langkah ketujuh untuk membuat format halaman terpilih menjadi berbeda, drag nomor halaman yang muncul, kemudian klik menu Design, Page Number, Format Page Number.


Langkah terakhir, format nomor halaman menjadi tipe angka arab atau tipe lainnya sesuai keinginan. Lalu atur penomoran mulai dari 1 atau dari awal.


Tadaaa... jadi deh..

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...