"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

28 Januari 2014

Permiabilitas dan Perkecambahan Berbagai Warna Benih Sorgum

Sutopo (2002) menyebutkan bahwa dormansi benih dapat disebabkan oleh impermeabilitas kulit biji terhadap air atau permeabilitas yang rendah terhadap gas, atau resistensi mekanis kulit biji terhadap pertumbuhan embrio. Morris (2000) menyebutkan bahwa dormansi yang disebabkan oleh kulit benih dapat terjadi karena adanya komponen penyusun benih baik yang bersifat fisik dan atau kimia.
Sebagian besar biji legume mengandung tannin. Di antara bahan pakan yang tinggi kandungan taninnya adalah biji Sorgum bicolor L. yang dapat mencapai 2,7 dan 10,2 % catechin equivalent. Pada 24 varietas lainnya 0,05-3,67 % catechin equivalen. Kandungan tannin pada sorgum sering dihubungkan dengan warna kulit luar yang gelap (Abridianto, 2011).

Pada umumnya kulit benih yang tersusun oleh lignin, tanin, lilin dan sel sklereid yang rapat, dapat mengurangi sifat permeabilitasnya terhadap air. Asiedu et al. (2000) menyebutkan bahwa tannin dan lignin serta senyawa kimia lain dalam kulit benih kacang tunggak berpengaruh nyata terhadap kecepatan penyerapan air dan kerusakan akibat imbibisi. Kerusakan karena imbibisi lebih besar pada benih buncis (Viciafaba) yang tidak mengandung tanin, dibandingkan jenis yang kandungan taninnya tinggi (Kantar et al., 1996).
Terhambatnya imbibisi menyebabkan perkecambahan benih berlangsung cukup lama dan saat perkecambahan tidak serentak. Hal tersebut menyebabkan proses pembibitan tidak efisien baik dalam hal pendanaan, alokasi tenaga, waktu dan pemakaian tempat serta menyebabkan variabilitas dalam pertumbuhan bibit. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diketahui korelasi antara warna kulit benih dengan perkecambahan benih sorgum. Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui permeabilitas berbagai benih sorgum dengan warna kulit benih bebeda, korelasi  antara warna kulit benih dengan permiabilitas dan perkecambahan benih sorgum, serta perkecambahan berbagai benih benih sorgum dengan warna kulit benih berbeda. Hasil percobaan dapat dilihat di file .pdf di sini
Hari Kedua Perkecambahan Sorgum Kuning

Hari Kedua Perkecambahan Sorgum Merah

Hari Kedua Perkecambahan Sorgum Putih

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...