"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

Cara Membuat Tepung Singkong / Modified Cassava Flour (Mocaf)

Pembuatan mocaf adalah teknik  merubah singkong menjadi tepung yang sifatnya menyerupai tepung terigu. Aroma dan rasa singkong dari tepung ini menjadi tidak terasa lagi bahkan dapat dikatakan mirip terigu 100%. Ada beberapa versi cara pembuatan mocaf. Cara pembuatan mocaf berikut cukup sederhana, tanpa menggunakan bantuan enzim.

Video ini didokumentasikan dari pelatihan di rumah Bapak Winarwan, Ketua LPMD Dusun Boyong, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) oleh Unit SLM-09 pada Agustus 2013.


Terigu merupakan produk impor 100% yang harganya tidak dapat diprediksi dan kadang memicu alergi pada anak-anak. Mocaf berpotensi dikembangkan di Dusun Boyong sebagai alternatif pengganti terigu untuk pembuatan berbagai pangan olahan susu, seperti stik susu, sehingga meningkatkan nilai tambah produk olahan susu tersebut dari sisi kesehatan. Namun demikian, akses masyarakat terhadap tepung mocaf di pasaran masih sangat terbatas. Maka dari itu akan lebih baik jika masyarakat dapat lebih mandiri dengan membuat tepung mocaf itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...