"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

Tanaman Hias: Tricolor


Nama lokal: Tricolor, Bunga manggar
Nama ilmiah: Dracaena marginata var Tricolor
Taksonomi (Anonim, 2012i):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Genus: Dracaena
Spesies: Dracaena marginata




D. marginata, jenis ini daapat mencapai ketinggian hingga 10 kaki, daun berbentuk kecil, panjang.  Species dasar memiliki daun waarna hijau dengan tepi merah. Varietas Tricolor mempunyai 3 warna yaitu kuning, hijau dan merah sehingga menghasilkan efek hijau keemasan. Varietas Colorama mempunyai pita tepi warna merah yang dominan sehingga secara keseluruhan tampak kemerahan. Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan stek batang, atau pun penanaman mahkota (Anonim, 2011b). 
Peluang permintaan pasar Dracaena baik di tatanan pasar dalam negeri maupun pasar ekspor cukup besar. Hal ini dipengaruhi oleh manfaat komoditas daun potong ini, antara lain (1) sebagai filler atau bahan baku bucket para designer perangkai bunga dan daun potong, (2) daya tahan daun potong yang cukup lama dapat mencapai 15 hari bilamana diberi pengawet, (3) daun potong cantik, indah, lembut dan menawan, (4) potongan-potongan daun dari kecil hingga besar dapat termanfaatkan semuanya, (5) sebagai background pajangan pada event tertentu (pesta perkawinan, membuka kantor baru, acara ceremonial lain), (6) sebagai bahan pengganti asparagus daun untuk membuat corsage, (7) sebagai pemanis, finishing dan pemantul warna. Permintaan Permintaan Dracaena datang dari berbagai Negara di dunia antara lain adalah Korea Selatan sebagai penyalur/penjual Dracaena surculosa ke Negara di berbagai belahan dunia (Anonim, 2009c).

Daftar rujukan lihat di: http://smarttien.blogspot.com/2012/11/macam-macam-tanaman-hias-dan-bunga.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...