"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Sansivera


Nama lokal: Sansivera
Nama ilmiah: Sansevieria cylindrica
Taksonomi (Anonim, 2009b):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Agavaceae
Genus: Sansevieria 
Spesies: Sansevieria cylindrica



S. cylindrica mempunyai motif bergaris, daun berbentuk silinder, dan warna yang cenderung hijau keabu-abuan. Daunnya mempunyai lebar 2- 3 cm dan tingginya dapat mencapai 1-2 m. Tanaman ini berbungan sekali dalam setahun di musim semi atau pertengahan musim panas, yang menghasilkan bunga berbentuk tabung berukuran 3 cm, dan berwarna putih kehijauan dengan corak merah muda (Rezahape, 2012).
Lazimnya tumbuhan berbiji tunggal (monokotil), akar sansevieria berbentuk serabut. Akar berwarna putih ini tumbuh dari bagian pangkal daun dan menyebar ke segala arah di dalam tanah. Selain terdapat akar juga terdapat organ yang menyerupai batang, orang menyebut organ ini sebagai rimpang atau rhizoma yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sari-sari makanan hasil fotosintesis. Rimpang juga berperan dalam perkembang biakan. Rimpang menjalar di bawah dan kadang-kadang di atas permukaan tanah. Ujung organ ini merupakan jaringan meristem yang selalu tumbuh memanjang (Anonim, 2009b).
Biasanya, anakan tanaman ini didapat dengan stek daun, yaitu dengan memindahkan salah satu daun ke dalam pot lain. Satu daun, bisa menghasilkan puluhan anakan (Alisuhendri, 2009; Cw-01, 2011). 
Sanseviera merupakan tanaman yang bisa membawa untung hingga puluhan juta rupiah sebulan (Cw-01, 2011). Sansiviera yang sudah terbentuk, harganya di pasaran kini bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 8 juta (Alisuhendri, 2009). Banyak orang tertarik pada tanaman ini karena bentuk dan corak daunnya yang indah dan sangat beragam (Cw-01, 2011).


Daftar rujukan lihat di: http://smarttien.blogspot.com/2012/11/macam-macam-tanaman-hias-dan-bunga.html

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...