"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Pandan Bali


Nama local (Anonim, 2012h): Pandan bali
Nama ilmiah: Cordyline australis
Taksonomi (Anonim, 2012h):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Laxmanniaceae
Genus: Cordyline 
Spesies: Cordyline australis (Forst. f.) Hook.f.


Pandan bali tergolong tanaman perdu tahunan. Perbanyakannya umumnya dilakukan secara vegetatif melalui stek batang, tetapi dapat juga dilakukan secara generatif dengan biji. Menurut Maulana (2009), tinggi tanaman ini bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari kurang dari 1 meter sampai lebih dari 3 meter. Tak perlu lahan luas, karena bentuknya yang sederhana dengan tajuk yang panjangnya 1-1,5 meter saja, siluet pandan bali mampu menampilkan pesona eksotis di area taman dan pekarangan rumah. Batang yang biasanya tunggal dan meninggi, dapat dibuat bercabang di bagian tengahnya, sehingga tampak seperti pohon bercabang banyak dengan daun yang tetap menjuntai pada masing-masing cabangnya.
Menurut Putra (2012), batang pandan bali bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, dan menjalar. Akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan cabang. Daun tunggal, duduk, dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40 - 80 cm, lebar 3 - 5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujung-ujungnya, warna hijau.Bunga majemuk, bentuk bongkol, warnanya putih. Buahnya buah batu, menggantung, bentuk bola, diameter 4 - 7,5 cm, dinding buah berambut, warnanya jingga. 
Pandan bali saat ini merupakan tanaman yang sedang populer. Kelebihan pandan bali menurut Maulana (2009), yaitu bisa berfungsi sebagai buffer atau filter untuk menghadang debu dan polusi. Jadi, sangat cocok ditanam di bagian depan rumah. Selain memiliki nilai estetika, pandan bali juga memiliki manfaat yang baik bagi penghuni rumah.


Daftar rujukan lihat di: http://smarttien.blogspot.com/2012/11/macam-macam-tanaman-hias-dan-bunga.html

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...