"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Mawar Merah


Nama lokal: Mawar Merah
Nama ilmiah: Rosa. hybrida
Taksonomi (Anonim, 2011d):
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub-Divisi : Angiospermae
Kelas: Dicotyledonae
Ordo: Rosanales
Famili: Rosaceae
Genus: Rosa
Species: Rosa. hybrida Hort.


Bunga  mawar merah merupakan perkawinan antara Rose gallica L dan Rose canina L, dan tumbuh liar dipegunungan Kaukasus, Syria, Marko dan Andalusia, tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter, memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain (Anonim, 2012n). 
Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak. Tanaman ini merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat, dapat diperbanyak dengan kultur jaringan dan dengan pembibitan. Mawar mempunyai nilai ekonomi yang penting sebagai bunga potong dan bahan baku minyak bunga yang digunakan industri parfum (Anonim, 2012o).

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...