"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Bunga Pikok Ungu


Nama lokal: Bunga Pikok ungu
Nama ilmiah: Asteraceae (famili)
Taksonomi (Pujowati, 2006):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Divisi : Spermatophyta (magnoliophyta)
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dycotyledonae (magnoliopsida)
Ordo: Asterales (campanulate) 
Famili: Asteraceae (compositae)


Secara umum sifat fisik dari famili Asteraceae termasuk tumbuhan herba, perdu, atau tumbuh-tumbuhan memanjat, jarang pohon, dengan daun tersebar atau berhadapan, tunggal. Bunga dalam bongkol kecil dengan daun pembalut, sering dalam satu bongkol yang sama terdapat dua macam bunga, yaitu bunga cakram berbentuk tabung dan bunga tepi berbentuk pita. Bunga tepi terdapat dalam satu lingkaran atau lebih. Semua bunga juga bias berbentuk tabung atau bisa seluruhnya berbentuk pita. Daun pelindung dari bunga tersendiri kadang seperti sisik jerami. Bunga beraturan atau setangkup tunggal dengan kelopak yang umumnya sangat tidak jelas. Mahkota berdaun lepas. Benang sari berada dalam tabung mahkota. Bakal buah tenggelam dengan satu bakal biji. Tangkai putik satu, kebanyakan dengan dua kepala putik. Buah keras berbiji satu. Biji umumnya tumbuh bersatu dengan kulit buah. Perbanyakan umumnya dengan biji atau pemisahan tunas akar. Jenis yang berbatang juga dapat diperbanyak dengan stek cabang sekunder (Pujowati, 2006). 
Bunga pikok dijual sebagai rangkaian bunga meja bersama Bunga Krisan,   Bunga Aster, Bunga Mawar, dan Daun Forida dengan harga Rp 150.000,00 sampai Rp 300.000,00 per unit (Arif, 2012). Namun, harga bunga ini di sentra budidayanya, Kecamatan Kota Batu pada akhir September dikeluhkan petani karena turunnya mencapai 50 persen dari harga sebelumnya Rp 6.000 menjadi Rp 3.000 (Prabowo, 2012).

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...