"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

10 November 2012

Tanaman Hias: Bunga Gladiol


Nama lokal: Gladiol
Nama ilmiah: Gladiolus communis L.
Taksonomi (Anonim, 2005):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi : Tracheophyta
Subdivisi : Pteropsida
Kelas : Liliopsida (monokotil)
Subkelas : Lilidae
Ordo : Liliales
Famili : Iridaceae
Genus : Gladiolus
Spesies : Gladiolus hybridus




Gladiol merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman semusim berbentuk herba termasuk dalam famili Iridaceae. Gladiol berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil, seperti bentuk daunnya. Tanaman gladiol yang termasuk subklas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tanaman ini membentuk pula akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Kelebihan dari bunga potong gladiol adalah kesegarannya dapat bertahan lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sepanjang waktu (Anonim, 2012j).
Gladiol adalah tanaman berumbi. Umbi gladiol tampak seperti bawang bombai, hanya bentuknya pipih, dengan lekukan di bagian bawahnya. Kalau umbi bawang bombai berlapis-lapis (umbi lapis), maka umbi gladiol masif (utuh), meskipun tetap dibalut lapisan kulit kering berwarna cokelat. Di kawasan sub tropis, umbi gladiol akan mengalami masa dorman (istirahat), mulai dari musim gugur dan selama musim dingin. Pada musim semi, umbi akan bertunas, tumbuh menjadi tanaman selama musim panas, dan berbunga. Gladiol adalah tanaman semusim, yang setelah menghasilkan bunga akan mati, tetapi umbinya tetap hidup dalam kondisi dorman (Muharan, 1995).
Perbanyakan dapat dilakukan secara vegetatif maupun generatif. Tanaman ini sangat toleran pada berbagai struktur tanah, dari tanah yang ringan berpasir dengan berbahan organik rendah sampai tanah yang berat berlempung atau liat. Gladiol merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang potensial untuk dibudidayakan secara meluas, karena nilai estetikanya dan mampu menunjang peningkatan pendapataan petani.  Produktivitas bunga potong dan bibit gladiol ditingkat petani masih rendah, yaitu baru mencapai 169.189 tangkai dan a36.405 subang/ha.  Volume pemasaran di kota-kota besar telah mencapai 127.200 tangkai per minggu , dan akhir-akhir ini permintaan bunga potong meningkat rata-rata 10 % per tahun.  Untuk memenuhi permintaan pasar , produktivitas gladiol , baik sebagai bunga potong maupun bibit  perlu ditingkatkan melalui penyempurnaan teknik budidaya dan aspek pemasarannya (Muharan, 1995).

Daftar rujukan lihat di: http://smarttien.blogspot.com/2012/11/macam-macam-tanaman-hias-dan-bunga.html

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...