"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

28 Januari 2012

Resume “Role of Sea grass Photosynthesis in Root Aerobic Processes”

ROBERTD.SMITH,WILLIAMC.DENNISON,ANDRANDALLS.ALBERTE
PlantPhysiol.(1984)74,1055-1058
Fathin Nabihaty
Banyak spesies telah berevolusi secara fisiologis atau morfologis, dimana anoksia jaringan dapat dihindari atau diminimalkan. Spesies ini, disebut spesies toleran banjir, biasanya memiliki akar udara, memiliki jaringan aerenchymous yang luas, menunjukkan bertekanan ventilasi, memiliki transport 02 dari jaringan aerasi untuk jaringan anoxic, atau memiliki cara metabolic untuk meminimalkan dampak anoksia. Untuk kondisi yang terakhir (cara metabolic untuk meminimalkan dampak anoksia), karbon hasil glikolisis sering kali dijauhkan dari etanol untuk mengurangi jumlah senyawa toksik, seperti asam organic atau asam amino, yang kemudian karbon tersebut dapat dioksidasi untuk menghasilkan energy atau digunakan untuk aktivitas metabolic lainnya.
Pertukaran 02 pada akar rhizome tanaman Z. marina diukur dengan polar-ografis dalam perangkat chamber yang dipasang pada sebuah electrode 02 Tipe Clark (Rank Bros, Inggris) mengikuti prosedur Delieu dan Walker. Perangkat ini memungkinkan pemisahan system akar-rizoma (chamber bawah) dari tunas (chamber atas) dan mencegah pucuk menerima pertukaran gas dari akar (kecuali melalui jaringan hidup). Sebuah jarum suntik dimasukkan melalui chamber penghenti pemisahan untuk menjaga gradient tekanan berkelanjutan antara kedua chamber. Suhu dari kedua chamber dipertahankan pada sekitar level suhu air laut (20 ±1C). Pencampuran pada ruang elektroda dilakukan cepat dan seragam seperti yang ditetapkan dari uji pewarnaan.
-->Hasil studi ini memiliki implikasi penting berkaitan dengan fisiologi adaptif dan distribusi Z. marina. Karena spesies ini menghuni perairan laut sepanjang gradient pantai dengan kedalaman signifikan dari beberapa meter sampai 30m atau lebih, maka tanaman yang tumbuh di kedalaman yang intensitas cahayanya rendah dan kejenuhan fotosintesis jangka pendek akibatnya, melebihi batasan periode transport 02 untuk pertumbuhan akar-rizoma dan metabolisme. Oleh karena itu, tampak bahwa periode anoksia akar, yang secara langsung berkaitan dengan periode harian fotosintesis jenuh, secara dramatis dapat mempengaruhi distribusi kedalaman spesies ini secara ekologis.

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...