"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

28 Januari 2012

RESUME Perkiraan Cepat Kandungan Air Nisbi (KAN) / Relative Water Content (RWC)

RICHARD E. SMART, GAIL E. BINGHAM
Plant Physiol. (1974) 53, 258-260
Fathin Nabihaty 
DOWNLOAD JURNAL ASLI
Salah satu kelemahan utama menggunakan KAN untuk menilai status air tanaman adalah persyaratan waktu yang cukup lama. Kedua metode untuk mengestimasi KAN yang ditinjau disini meniadakan kebutuhan oven untuk pengeringan dan penentuan bobot kering oven.
Salah satu metodenya yaitu korelasi linear KAN dengan serapan air selama flotasi, ini diusulkan sebagai suatu persamaan liniear oleh Downey dan Miller. Ketika dianalisis, persamaan ini menunjukkan hubungan yang benar-benar linear hanya bila kadar air per satuan luas (t) konstan.
Metode kedua lebih tepat, didasarkan pada korelasi KAN dengan rasio berat jaringan relative (RTW). Rasio ini, dihitung sebagai berat jaringan segar yang berhubungan linier terhadap KAN. Data untuk jaringan daun usia morfologi seragam dan status kelembaban yang bervariasi ini didukung dengan nilai r2 berkisar 0,971-0,999 dari delapan ccasions sampling (nilai mean 0,993). Demikian pula koefisien korelasi tinggi ditemukan untuk apel dan jagung. Hubungan antara KAN dan RTW berisi konstanta (B), sama dengan rasio kadar air / berat jaringan. Parameter ini menunjukkan variasi antara spesies-spesies yang diuji namun relatif konstan di dalam satu spesies. Untuk jaringan daun anggur, terjadi penurunan bertahap B selama musim tumbuh, meskipun perubahan itu kurang dari untuk t.
Selanjutnya keuntungan menggunakan RTW untuk memperkirakan KAN adalah bahwa, B adalah rasio berdimensi dan karenanya hubungan antara keduanya adalah tidak terpengaruh oleh variasi dalam ukuran sampel. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika daun kecil menyusun sub sampel. Kesalahan dalam menghitung akan memberikan kesalahan berarti jika KAN diperkirakan dari penyerapan air.
Baik menggunakan metode serapan atau RTW untuk memperkirakan KAN tergantung pada sampel yang digunakan. Kedua metode memerlukan kalibrasi dalam koefisien t yang perlu ditentukan sebelum KAN dapat dihitung. Mengingat variasi yang rendah pada tiga spesies di sini, parameter ini kemungkinan dapat digunakan untuk kebanyakan tanaman.
~~~~~hehehe^_^hehehe~~~~~

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...