"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

19 Januari 2012

Lihatlah Gajah! bukan Belalai atau Ekornya

sekali lagi aku tidak setuju atas penghakiman orang pada ku. Aku memang bukan orang yang mudah diatur dengan peraturan abstrak yang otakku tak bisa mencernanya.

Manusia memang tempat salah dan lupa. Meminjam kata-kata Ebiet G Ade, bahkan tuhan tak pernah menghukum dengan sinar matanya yang lebih tajam dari matahari.
Lalu apakah aku tak berhak membela diri jika kesaksianku kalah suara?! Satu hal yang perlu kau ketahui, aku tak bisa dan tak kan pernah bisa menerima teori apapun yang tidak rasional atau pun tidak logis. Aku bisa terima dipersalahkan atas apapun, tapi tidak atas apa yang aku saksikan sendiri secara pasti dalam sudut diriku. Mereka boleh percaya apa yang mereka lihat, aku pun tidak menafikkan hal itu. Namun aku juga berharap mereka tidak menafikkan pengalaman empirisku.

Mereka menganggap jika mereka melihat belalai gajah sedangkan aku melihat kaki gajah seorang diri, maka pasti ada yang salah dengan diriku. Jadi apakah itu rasional?! Mengapa mereka tidak dan tidak mau berusaha menjauh untuk melihat gajah seutuhnya?!!

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...