"salah satu amal yang tidak akan putus pahalanya meski manusia telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat"

13 Juni 2009

Cerita Rakyat Temanggung I: SUATU PERTANYAAN YANG BELUM TERJAWAB

DOWNLOAD
Di suatu tempat , tepatnya disebelah selatan desa Guntur Kecamatan Temanggung, ada sebuah tempat yang dianggap keramatdan menakutkan oleh orang-orang di desa tersebut. Tempat itu berupa kebun yang cukup lebat dengan suasananya yang sepi dan menyeramkan. Tempat itu jarang dilewati oleh orang-orang, karena mereka beranggapan bahwa disana ada mahluk gaib yang menunggu. Pernah suatu ketika, terjadi peristiwa yang aneh. Seorang wanita yang menanam padi di tanah tersebut tiba-tiba jatuh sakit, setelah pulang dari sawah. Dan akhirnya meninggal dunia. Menuut orang-orang tua, dia diganggu oleh makhluk “Tedeng” seoang makhluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu sawah tersebut. Tidak hanya kejadian itu saja , tetapi setiap orang yang berusaha mengolah sawah itu mengalami hal yang sama. Kejadian lain yang membuat warga desa Guntur tecengang, adalah seorang janda tua sebut saja Bu Mantri, dia sering melakukan hal-hal aneh, seperti tidak segan segan untuk mengganggu tetangganya dengan cara memukuli penggorengan sehingga mengeluarkan suara bising. Suatu hai ia menyuruh orang untuk membuatkan makamnya di tengah-tengah tanah Tedeng yang dianggap angker. Orang yang disuruh itu pernah menolak, tetapi Bu Mantri mengancam”apabila saya meninggal, saya akan mengganggu kehidupanmu dan kamu tidak akan hidup tenang”. Dengan tepaksa orang itu pun menuruti keinginan Bu Mantri membuatkan sebuah makam yang di sampingnya ditanami bunga Kamboja. Sampai sekarang yang masih menjadi pertanyaan mengapa Bu Mantri memilih dimakamkam di sana?. Apakahdia benar-benar kerasukan makhluk halus? Ataukah memang suatu misteri yang tak akan pernah terjawab?
Tempat lain yang juga dianggap angker adalah sebuah makam yang juga terletak di lahan Tedeng tersebut. Beberapa waktu yang lalu, ada seorang anak kecil yang mengaku pernak mengalami kejadian yang aneh dan sungguh tidak masuk akal. Saat itu ia tengah berjalan melewati kuburan yang hanya terdiri dari 2 buah makam, yang sering digunakan sebagai tempat penyimpanan “krenda”. Tiba-tiba anak itu melihat bahwa disana ada sebuah boneka, tanpa berpikir panjang ia membawa boneka itu pulang. Sesampainya di rumah, ternyata boneka itu matanya dapat berkedip-kedip tanpa ada yang menggerakkan. Ketika anak itu melihatnya, iapun menjadi takut, lalu ia mengajak ibunya untuk membuang boneka tersebut kesungai. Sampai sekarang, berita tentang boneka itu telah lenyap ditelan bumi. Disuatu sisi di desa Guntur.

Oleh: Anjar Yulianto

Baca juga

Kerja Sambilan Mudah dan Halal di Survei Online Berbayar #1

Mendapatkan bayaran dari mengisi survei sudah bukan hal asing . Lebih dari 70% orang online untuk mengisi survei . Mereka biasanya menj...